MATA KULIAH | : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | |||||
PROGRAM STUDI | : PENDIDIKAN | |||||
SEMESTER/ SKS | : IV/4 SKS | |||||
DOSEN | : DRS.H.SUKARNI.MSI | |||||
MINGGU KE | KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN | MATERI PEMBELAJARAN | BENTUK PEMBELAJARAN | KRITERIA PENILAIAN | BOBOT NILAI | |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
1 | Mampu Menjelaskan Hakekat Belajar dan Mengajar | 1. Pendahuluan | Brainstorming | Ketepatan dan kejelasan | 5 | |
|
| 1.1. Tiori Belajar |
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
2 s.d 4 | Mampu Menganalisa Proses Belajar |
| Diskusi kelompok | ketajaman analisa | 5 | |
|
| 2.1. Proses Belajar | Observasi |
|
| |
|
| 2.2.Faktor-faktor yang mempengaruhi Belajar |
|
|
| |
|
| 2.3. Belajar dan Mengajar Yang Efektif |
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
5 s.d 6 | Mampu menganalisa Startegi Pembelajaran | 4. Strategi Pembelajaran | Brainstorming | Ketajaman analisa dan | 5 | |
|
| 4.1. Unsur-unsur Strategi | demontrasi | argumentasi |
| |
|
| 4.2. Macam-macam strategi | Simulasi |
|
| |
|
| 4.3. Kegiatan Pembelajaran |
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
7 s.d 8 | Mampu menganalisa Pendekatan Pembelajaran | 5.Pendekatan Pembelajaran | Brainstorming | Ketajaman analisa dan | 5 | |
|
| 5.1 Jenis-jenis Pendekatan pembelajaran | demonstrasi | argumentasi |
| |
|
| 5.2 Model Pembelajaran KBK | simulasi |
|
| |
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
9 s.d 12 | Mampu mempraktekkan Pengelolaan Pembelajaran | 6. Pengelolaan Pembelajaran Pembelajaran | Brainstorming | Performance | 15 | |
|
| 6.1. Pengertian pengelolaan Pembelajaran | demonstrasi | Komunikatif |
| |
|
| 6.2. Fungsi dan Tujuan Pengelolaan Pembelajaran | Observasi |
|
| |
|
| 6.3 Pendekatan-pendekatan Pengelolaan Pembelajaran | simulasi |
|
| |
|
| 6.4 Prinsip-prinsip Pengelolaan Pembelajaran |
|
|
| |
|
| 6.5. Masalah-masalah Pengelolaan Pembelajaran |
|
|
| |
|
| 6.6. Faktor-faktor muncul Masalah Pengelolaan Pemb. |
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
13 s.d 14 | Mampu mempraktekkan Disiplin Pembelajaran | 7. Disiplin dalam Pembelajaran | Brainstorming | Performance | 15 | |
|
| 7.1. Langkah-langkah Menuju Disiplin Asertif | Case study | Komunikatif |
| |
|
| 7.2 Usaha Meningkatkan disiplin | demonstrasi |
|
| |
15 | UTS |
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
| |
ATURAN PERKULIAHAN | ||||||
1. TOLERANSI KETERLAMBATAN 10 MENIT | ||||||
2. SELAMA PERKULIAHAN HP NON AKTIF/GETAR | ||||||
3.TUGAS YANG PLAGIAT ATAU PENGUTIPAN YANG TIDAK DISEBUTKAN SUMBERNYA DIMINTA MENGUNDURKAN DIRI | ||||||
4. ATURAN KEHADIRAN BERLAKU SEBAGAIMANA DITETAPKAN SKS | ||||||
5. ABSEN DITANDATANGANI SEDANGKAN ORANGNYA TIDAK HADIR, MAKA TTD SEBLUMNYA DI CORET | ||||||
6. YANG MENDAPAT NILAI TERBAIK AKAN MENDAPAT PENGHARGAAN | ||||||
Rabu, 10 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar