KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Konsep keterampilan dasar mengajar yang di uraikan secara garis besar inr dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan memotivasi peserta penataran agar memodifikasi teknik mengajar yang dilakukan selama ini sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misal, dengan berorientasi pada strategi dan pendekatan pembelajaran tertentu.
Sumber utama dalam penulisan konsep ini diambil dari buku: "Proses Belajar Mengajar :Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro",oleh Drs. J.J.Hasibuan, Dipl.Ed., dkk., 1988", yang meliputi:
- KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
1. Pengertian
Dalam mengawali proses pembelajaran yang sering di lakukan guru, antara lain : mengabsen kehadiran dan menertibkan peserta didik, menyuruh peserta didik untuk menyiapkan alat tulis menulis dan buku pegangan, mengisi daftar hadir dan mengakhirinya dengan tugas rumah.Kegiatan ini beium dapat dikategorikan sebagai membuka dan menutup pelajaran.Karena belum tentu dapat mengajak peserta didik untuk memusatkan perhatiannya terhadap materi yang akan disajikan.
Keterampilan membuka peiajaran adalah kegiatan guru dalam mengawali proses pembelajaran untuk menciptakan suasana siap mental sehingga menimbulkan perhatian peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan guru untuk mengakhir; proses pembelajaran.
2. Tujuan Penggunaan
- Menimbulkan perhatian dan motivasi peserta didik agar siap mengerjakan tugas-tugas yang segera akan diberikan.
- Menunjukkan agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya.
- Memberikan gambaran yang jelas tentang pendekatan yang mungkin digunakan peserta didik dalam mempelajari materi.
- Menunjukkan kepada peserta didik adanya hubungan antara pengalamannya dengan materi baru yang akan dan sedang dipelajari.
- Memberikan pengetahuan yang lebih kuat kepada peserta didik tentang fakta, konsep keterampilan yang tercakup selama proses pembelajaran.
- Peserta didik mengetahui tingkat keberhasilannya selama proses pemhelajarar.
- Menunjukan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran..
3. Prinsip Penggunaan
a. Kebermaknaan
Upaya menarik perhatian dan memotivasi peserta didik agar sesuai dengan indikator dan materi serta bermanfaat.
b. Berkaitan dan Berkesinambungan.
Kegiatan penyajian materi dan merangkum inti materi hendaknya merupakan suatu kesatuan yang utuh.Untuk itu diperlukan susunan materi yang sistematis sesuai dengan minat peserta didik, susunan materi hendaknya jeias kaitanya antara bagian atau kaitanya dengan pengalaman dan pengetahuan peserta didik.
4. Komponen Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
a. Komponen keterarnpilan membuka dan menutup pelajaran, antara lain:
1) Menarik perhatian peserta didik melalui: a) variasi gaya mengajar; b) penggunaan media dan; c) variasi pola interaksi.
2) Menimbulkan motivasi melalui : a) kehangatan dan keantusiasan dalam mengajar; b) menggugah rasa ingin tahu peserta didik; c) mengajukan ide/gagasan dan; d) memperhatikan minat peserta didik.
3) Memberi acuan melalui :a) menginformasikan indikator dan batas-batas tugas; b) memberikan gambaran langkah-langkah yang akan dilakakan; c) mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas dan; c) mengajukan pertanyaan.
4} Membuat kaitan antara materi baru yang akan disajikan dengan materi yang dikuasai peserta didik atau mempertentangkannya melalui:a) pertanyaan-pertanyaan; b) mereview secara singkat materi sebelumya; c) menjelaskan secara global konsep-konsep baru atau sebaliknya dengan menunjukkan fakta.
b. Komponen keterampilan menutup pelajaran, antara lain :
1) Meninjau kembali tingkat penguasaan atau pemahaman peserta didik terhadap pokok materi yang telah disajikan sebagai umpan balik.
2) Membuat rangkuman tentang pokok materi yang telah di sajikan.Hal ini dapat dilakukan bersama peserta didik atau oleh peserta didik sendiri.
3) Mengevaluasi keutuhan wawasan peserta didik dengan jalan meminta untuk:a) mendemonstrasikan pemahamannya; b) menerapkan pemahamannya pada situasi baru; c) memberikan komentar; c) mengerjakan tes tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar