RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x tatap muka )
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
B. KOMETENSI DASAR
1.1. Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Setelah selesai proses pembelajaran kepada peserta didik diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian negara dengan penuh percaya diri
2. Menjelaskan unsur-unsur berdirinya negara dengan penuh percaya diri
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. PENGERTIAN NEGARA
Istilah negara terjemahan dari STATE ( Inggris ), STATUS ( Latin ),DE STAAT ( Jerman ), merupakan istilah abstrak yang menunjukkan keadaan tetap tegak dan berdiri .
NEGARA adalah Sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu,yang tunduk kepada peraturan yang ada, diorganisir oleh pemerintahan yang sah,yang mempnyai kedaulatan baik kedaulatan kedalam maupun kedaulatan keluar .
2. UNSUR-UNSUR BERDIRINYA NEGARA
a. UNSUR KONSTITUTIF (unsur mutlak berdirinya suatu negara )
b. UNSUR DEKLARATIF (unsur yang bersifat menerangkan suatu ne
negara )
A. UNSUR KONSTITUTIF
1. PENDUDUK
Semua orang yang mendiami wilayah suatu negara
2. WILAYAH
Tempat rakyat menetap dan pemerintah menyelenggarakan pemerintahan negara
3. PEMERINTAHAN YANG BERDAULAT
Pemerintahan yang memiliki kekuasaan tertinggi.
a. Kedaulatan kedalam (Kekuasaan untuk mengatur rumah
tangganya sendiri tanpa campur tangan dari negara lain
b. Kedaulatan keluar (Kekuasaan untuk mengadakan hubung
an / kerjasama dengan negara lain )
B. UNSUR DEKLARATIF PENGAKUAN DARI NEGARA
LAIN
a. Defakto : Pengakuan berdasarkan kenyataan (Fakta) diatas wilayah negara tersebut berdiri negara
b. Deyure : Pengakuan berdasarkan hukum
E. METODA PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya jawab, pendekatan cooperatif learning model dua tinggal dua tamu
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
- Membuka pelajaran dengan do’a,salam,absensi dan memeriksa kebersihan kelas
- Menyanyikan lagu Indonesia tanah air beta dengan penuh semangat
- Tanya jawab materi yang akan dipelajari
- Menginformasikan tujuan pembelajaran
2. KEGIATAN INTI ( 60 MENIT )
a. Siswa bekerja sama dalam kelompok berempat dengan semangat kekeluar
gaan
b. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing kelompok akan meninggal
kan kelompoknya untuk bergabung ke kelompok yang lain
c. Dua orang yang tinggal mempunyai tugas untuk memberikan informasi kepa
da tamu yang datang
d. Tamu akan kembali ke tempat semula untuk melaporkan hasil kunjungan
nya
e Kelompok akan membahasnya dalam diskusi kelompok
f. Kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
3. KEGIATAN PENUTUP ( 10 MENIT )
a. Bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b. Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
c. Menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya, mencari berita dikoran dengan topik pembelaan negara
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 2
Setelah selesai proses pembelajaran kepada peserta didik diharapkan mampu :
1. Menjelaskan tujuan Negara Republik Indonesia dengan penuh percaya diri
2. Menjelaskan fungsi negara dengan penuh percayadiri
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. TUJUAN NKRI
ALENIA KE 4
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. FUNGSI NEGARA
( Upaya negara untuk mengubah cita-cita menjadi keyataan )
a. Melaksanakan penertiban
Untuk mencapai tujuan, mencegah bentrokan-bentrokan negara bertindak sebagai
stabilisator )
b. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
Untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, diperlukan campur tangan dan peran aktif
c. Fungsi pertahanan
Untuk menghadapi kemungkinan serangan dari luar perlu alat-alat pertahanan negara
d. Fungsi menegakkan keadilan
Dilaksanakan melalui badan-badan peradilan
E. METODA PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya jawab, pendekatan cooperatitif learning dengan model kancing gemerincing
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. KEGIATAN AWAL ( 10 MENIT )
a. Membuka pelajaran dengan do’a,salam,absensi dan memeriksa kebersihn
kelas
b. Tanya jawab materi pada pertemuan sebelumnya
c. .Menginformasikan tujuan pembelajaran
2. KEGIATAN INTI ( 60 MENIT )
a. Guru menyiapkan satu kotak kecil yang berisi kancing-kancing atau benda-benda lain seperti kacang merah, batang-lidi, sendok es krim,dll.
b. Sebelum kelompok memulai tugasnya, setiap siswa dalam masing-masing kelompok mendapatkan dua atau tiga buah kancing ( jumlah kancing tergantung sukar tidaknya tugas yang diberikan )
c. Setiap kali seorang siswa berbicara atau mengeluarkan pendapat, maka dia harus menyerahkan salah satu kancingnya dan meletakkanya di tengah-tengah
d. Jika kancing yang dimiliki seorang siswa habis, dia tidak boleh bicara lagi sampai semua rekannya habiskan kancing mereka
e. Jika semua kancing sudah habis, sedangkan tugas belum selesai, kelompok boleh mengambil kesepakatan untuk membagi-bagi kancing lagi dan mengulangi prosedurnya kembali
3. KEGIATAN PENUTUP ( 10 MENIT )
a. Bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b. Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
c. Menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 3
Setelah selesai proses pembelajaran kepada peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pentingnya pembelaan negara dengan penuh percaya diri
D. MATERI PEMBELAJARAN
Alasan pentingnya pembelaan terhadap negara :
1. Alasan dilihat dari tujuan negara
Untuk mencapai kesejahteraan dan cita-cita bersama sudah seharusnya setiap
warga negara bersedia membela negara
2. Alasan dilihat dari pemikiran rasional
Aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat penting demi kelangsungan hi
dup bangsa tanpa pertahanan diri yang kuat negara tidak akan dapat memperta
hankan keberadaannya
3. Alasan dilihat dari kontrak sosial
Indonesia merdeka tanggal 17-8-1945 bertekad untuk mempertahankan kemerde
kaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
4. Alasan pertimbangan moral
Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di
atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan pe
rikeadilan
5. Alasan yuridis
Pasal 27 ayat 3 : Setiap warganegara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pe
mbelaan negara
Pasal 30 ay at 1 : Tiap-tiap warganegara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha
pertahanan dan keamanan negara.
Ada beberapa alasan mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, diantaranya yaitu:
a. untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman;
b. untuk menjaga keutuhan wilayah negara;
c. merupakan panggilan sejarah;
d. merupakan kewajiban setiap warga negara.
E. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya jawab, pembelajaran cooperatitif kepala bernomor
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. KEGIATAN PENDAHULUAN ( 10 Menit )
a. Kesiapan kelas dengan Do’a, salam, absensi dan memeriksa keber
sihan kelas
b. Melakukan tanya jawab materi pada pertemuan sebelumnya maupun
materi yang akan dipelajari
c. Memotivasi kesiapan siswa dengan menyanyikan lagu halo-halo Ban
dung
d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
2. KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor urut.
b.Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
c. Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.
d.Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka.
e.Tanggapan dari kelompok yang lain
f. Teknik Kepala bernomor ini juga dapat dilanjutkan untuk mengubah komposisi kelompok yang biasanya dan bergabung dengan siswa-siswa lain yang bernomor sama dari kelompok lain.
Catatan :
Dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992) Teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka. Teknik ini juga digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik.
3. KEGIATAN PENUTUP ( 10 Menit )
a. Bersama siswa menyimpulkan pelajaran
b. Tanya jawab lisan tentang materi yang telah dipelajari
c. Menginformasikan materi pertemuan berikutnya
G. MEDIA / SUMBER PEMBELAJARAN
Sumber Pembelajaran:
- Anita Lie, 2007, Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT Gramedia
- Buku PKn kelas IX , karangan ; Sugiharso,dkk. 2007. Pendidikan Kewarganeg
raan, Klaten : Adi perkasa. Indonesia.
- Sri puspita rini,dkk. 2005. PPKN,
- Debdiknas, 2005. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi, Jakarta: Deb
diknas.
- Sri puspita rini,dkk. 2005. PPKN, Jakarta : Bumi Aksara.
- Tim penyusun, 2004. Tata Negara, Klaten : Cempaka putih.
Media :
Gambar –gambar yang relevan, koran, kartu materi pelajaran
H. PENILAIAN
BAGIAN 1
Penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Penilaian selama proses pembelajaran dengan observasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran, observasi keaktifan siswa dengan lembar observasi keaktifan siswa.
RUBRIK PENGAMATAN
No | Nama siswa | Aspek yang dinilai *) | Jumlah skor | Nilai | ||||
A | B | C | D | E | ||||
| | | | | | | | |
*) Keterangan Aspek yang dinilai:
- Kerjasama dalam kelompok / keaktifan
- Kemampuan bertanya / menjawab pertanyaan
- Kemampuan memberikan tanggapan
- Kemampuan presentasi
- Kwaliatas hasil akhir
Penilaian setelah proses pembelajaran
Bagian 1
Indikator pencapaian | Tehnik penilaian | Ben tuk instrumen | Instrumen | Kunci | Skor |
1. Menjelaskan penger tian negara 2. Menjelaskan unsur- unsur berdirinya nega ra 1. Menjelaskan tujuan Negara Republik Indonesia | Tes tertulis Sda Tes tertulis | Uraian Uraian terstruktur Uraian | 1.Jelaskan pengerti an negara! 2. Jelaskan 3 unsur konstitutif berdiri nya suatu negara! 3.Jelaskan apa yang dimaksud dengan unsur declaratif ! 4. Apa yang di mak sud dg de yure ? 5. Apa yang di mak sud dg de fakto ? Jelaskan tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alenia 4 ! | Sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu,yang tunduk kepada peraturan yang ada, diorganisir oleh pemerintahan yang sah,yang mempnyai kedaulatan baik kedaulatan kedalam maupun kedaulatan keluar . 1. PENDUDUK Semua orang yang mendiami wilayah suatu negara 2. WILAYAH Tempat rakyat menetap dan pemerintah menyelenggara kan pemerintahan negara 3.PEMERINTAHAN YG BERDAULAT Pemerintahan yang memiliki kekuasaan tertinggi. a.Kedaulatan kedalam (Kekuasaan untuk mengatur rumah tangganya sendiri tanpa campur tangan dari negara lain b.Kedaulatan keluar kekuasaan untukmenga dakan hubungan/kerja sama dengan negara lain 3.Unsuryang menerangkan berdirinya suatu negara baik secara defakto maupun deyure 4. Pengakuan berdasarkan Hukum 5. Pengakuan berdasarkan kenyataan(Fakta) diatas wilayah negara tersebut berdirinegara. Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. | 2 5 1 1 1 Total skor : 10 5 |
Bagian 3
Indikator pencapaian | Tehnik penilaian | Ben tuk penilaian | Instrumen | Kunci | Skor |
1.Menjelaskan penting nya pembelaan nega ra | Tes tertulis | Uraian terstruktur | Jelaskan alasan mengapa negara wajib dibela ! | 1. Alasan dilihat dari tujuan negara. Untuk mencapai Kesejahte raan dan cita-cita bersama sudah seharusnya setiap warga negara bersedia me mbela negara 2. Alasan dilihat dari pe mikiran rasional. Aspek pertahanan merupa kan faktor yang sangat pen ting demi kelangsungan hi dup bangsa tanpa pertaha nan diri yang kuat negara ti dak akan dapat memperta hankan keberadaannya 3. Alasan dilihat dari kon trak sosial Indonesia merdeka tanggal 17-8-1945 bertekad untuk mempertahankan kemerde kaan berdasarkan Pancasi la dan UUD 1945 4. Alasan pertimbanganmo ral Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapus kan karena tidak sesuai de ngan perikemanusiaan dan perikeadilan 5. Alasan yuridis Pasal 27 ayat 3 : Setiap warganegara berhak dan wajib ikut serta dalam upa ya pembelaan negara Pa sal 30 ay at 1 : Tiap-tiap warganegara berhak dan waib ikut serta dalam usa ha pertahanan dan keama nan negara. | 5 |
| | | | Total skor | 25 x 4 =100 |
Mengetahui
Kepala SMP Negeri Pekanbaru Guru mata pelajaran PKn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar