Jumat, 07 Oktober 2011

kata kerja operasional

DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL PERUMUSAN

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

· Mendefenisikan

· Menerapkan

· Mengkonstruksikan

· Mengidentifikasikan

· Mengenal

· Menyelesaikan

· Menyusun

· Menunjukan

· Membaca

· Menghitung

· Menggambarkan

· Melafalkan

· Mengucapkan

· Membedakan

· Mengidentifikasikan

· Menafsirkan

· Menerapkan

· Menceritakan

· Menggunakan

· Menentukan

· Menyusun

· Menyimpulkan

· Mendemonstrasikan

· Menterjemahkan

· Merumuskan

· Menganalisis

· Mensintesis

· Mengevaluasi

Keterangan :

1. Satu kata kerja tertentu (misal : mendefenisikan) dapat dipakai pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Perbedaannya adalah pada Standar Kompetensi cakupannya lebih luas dari Kompetensi Dasar.

2. Satu butir Kompetensi dapat dipecah menjadi 3 sampai 6 butir atau lebih Kompetensi Dasar.

3. Satu butir Kompetensi Dasar nantinya harus dapat dipecah menjadi minimal 2 butir indikator (paling tidak 2 butir indikator).

4. Pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum memuat/merupakan indikator.




DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH KOGNITIF

Pengetahuan

Pemahaman

Penerapan

Analisis

Sintesis

Penilaian/Evaluasi

Mengutip

Menyebutkan

Menjelaskan

Menggambar

Mengidentifikasi

Mendaftar

Menunjukan

Memberi label

Memberi indek

Memasangkan

Menamai

Menandai

Membaca

Menyadari

Menghafal

Meniru

Mencatat

Mengulang

Mereproduksi

Meninjau

Memilih

Menyatakan

Mempelajari

Mentabulasi

Memberi kode

Menelusuri

Memperkirakan

Menjelaskan

Mengkatagorikan

Mencirikan

Merinci

Mengasosiasikan

Membandingkan

Menghitung

Mengkontraskan

Mengubah

Mempertahankan

Menguraikan

Menjalin

Membedakan

Mendiskusikan

Menggali

Mencontohkan

Menerangkan

Mengemukakan

Mempolakan

Memperluas

Menyimpulkan

Meramalkan

Merangkum

Menjabarkan

Menugaskan

Mengurutkan

Menentukan

Menerapkan

Menyesuaikan

Mengkalkulasi

Memodifikasi

Menghitung

Membangun

Mengurutkan

Membiasakan

Mencegah

Menentukan

Menggambarkan

Menggunakan

Menilai

Melatih

Menggali

Mengemukakan

Mengadaptasi

Menyelidiki

Mengoperasikan

Mempersoalkan

Mengkonsepkan

Melaksanakan

Meramalkan

Menganalisis

Mengaudit

Memecah

Menegaskan

Mendeteksi

Mendiagnosis

Menyeleksi

Memerinci

Menominasikan

Mendiagramkan

Mengorelasikan

Merasionalkan

Menguji

Mencerahkan

Menjelajah

Membagankan

Menyimpulkan

Menemukan

Menelaah

Memaksimalkan

Memerintahkan

Mengedit

Mengaitkan

Memilih

Mengukur

Melatih

Mengabstraksi

Mengatur

Menganimasi

Mengumpulkan

Mengkatagorikan

Mengkode

Mengombinasikan

Menyusun

Mengarang

Membangun

Menanggulangi

Menghubungkan

Menciptakan

Mengkreasikan

Mengoreksi

Merancang

Merencanakan

Mendikte

Meningkatkan

Memperjelas

Memfasilitasi

Membentuk

Merumuskan

Menggeneralisasi

Menggabungkan

Memadukan

Membandingkan

Menyimpulkan

Menilai

Mengarahkan

Mengkritik

Menimbang

Memutuskan

Memisahkan

Memprediksi

Memperjelas

Menugaskan

Menafsirkan

Mempertahankan

Memerinci

Mengukur

Merangkum

Membuktikan

Memvalidasi

Mengetes

Mendukung

Memilih

memproyeksi

Menulis

Memproduksi

Memproses

Mengaitkan

Mensimulasikan

Memecahkan

Melakukan

Mentabulasi

Menyusun

Memproses

Meramalkan

Mentransfer

Membatas

Mereparasi

Menampilkan

Menyiapkan

Mereproduksi

Merangkum

Merekonstruksi

DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH PSIKOMOTORIK

Peniruan

Manipulasi

Pengalamiahan

Artikulasi

· Mengatifkan

· Menyesuaikan

· Menggabungkan

· Melamar

· Mengatur

· Mengumpulkan

· Menimbang

· Memperkecil

· Membangun

· Mengubah

· Membersihkan

· Memposisikan

· mengkonstruksi

· Mengoreksi

· Mendemonstrasikan

· Merancang

· Memilah

· Melatih

· Memperbaiki

· Mengidentifikasikan

· Mengisi

· Menempatkan

· Membuat

· Memanipulasi

· Mereparasi

· Mengkalibrasi

· Menggantikan

· Memutar

· Mengirim

· Memindahkan

· Mendorong

· Menarik

· Memproduksi

· Mengoperasikan

· Mencampur

· Mengemas

· Membungkus

· Menjalankan

· Menyambungkan

· Mengalihkan

· Mempertajam

· Membentuk

· Memadankan

· Menggunakan

· Memulai

· Menyetir

· Menjeniskan

· Menempel

· Menseketsa

· Melonggarkan

· Menimbang

· Memperbaiki


DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH AFEKTIF

Menerima

Menanggapi

Menilai

Mengelola

Menghayati

· Memilih

· Mempertanyakan

· Mengikuti

· Memberi

· Menganut

· Mematuhi

· Meminati

· Menjawab

· Membantu

· Mengajukan

· Mengompromikan

· Menyenangi

· Menyambut

· Mendukung

· Menyetujui

· Menampilkan

· Melaporkan

· Memilih

· Mengatakan

· Memilah

· Menolak

· Mengasumsikan

· Meyakini

· Melengkapi

· Meyakinkan

· Memperjelas

· Memprakarsai

· Mengimani

· Mengundang

· Menggabungkan

· Memperjelas

· Mengusulkan

· Menekankan

· Menyumbang

· Menganut

· Mengubah

· Menata

· Mengklasifikasikan

· Mengombinasikan

· Mempertahankan

· Membangun

· Membentuk pendapat

· Memadukan

· Mengelola

· Menegosiasi

· Merembuk

· Mengubah perilaku

· Berahklak mulia

· Mempengaruhi

· Mendengarkan

· Mengkualifikasi

· Melayani

· Menunjukan

· Membuktikan

· Memecahakan


TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK URAIAN

Jenis Persyaratan

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

dst

A. Ranah Materi

1. Butir soal sesui dengan indikator

v

v

v

2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas

v

v

3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran

v

4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas

v

B. Ranah Konstruksi

1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.

v

v

v

2. Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan/menyelesaikan soal

v

v

3. Ada pedoman penskorannya

v

4. Tabel, garfik, diagram, kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jelas keterangganya atau ada hubungannya dengan masalah yang ditanyakan)

v

5. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya

v

C. Ranah Bahasa

1. Rumusan kalimat komunikatif

v

v

v

2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya

v

v

3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian

v

v

4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal)

v

v

5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik

v

v

Keterangan

· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.

· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan

· Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.


TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK MELENGKAPI

Jenis Persyaratan

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

dst

A. Ranah Materi

1. Butir soal sesui dengan indikator

v

v

v

2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas

v

v

3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran

v

v

v

4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas

v

B. Ranah Konstruksi

1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat terbuka (yang belum lengkap) yang hanya memerlukan tambahan kata yang merupakan jawaban/kunci.

v

v

2. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya

v

v

v

C. Ranah Bahasa

1. Rumusan kalimat komunikatif

v

v

v

2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya

v

v

3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian

v

v

4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal)

v

v

5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik

v

v

Keterangan

· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas.

· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan

· Soal nomor 3, memerlukan perbaikan dalam bahasa.


TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK PILIHAN GANDA (Multiple Choice)

Jenis Persyaratan

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

dst

A. Ranah Materi

1. Butir soal sesui dengan indikator

v

v

v

v

v

2. Hanya ada satu kunci atau jawaban yang benar

v

v

v

v

v

3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran

v

v

v

v

v

4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas

v

v

v

v

v

5. Pilihan benar-benar berfungsi, jika pilihan merupakan hasil perhitungan, maka pengecoh berupa pilihan yang salah rumus/salah hitung

v

v

v

v

v

B. Ranah Konstruksi

1. Pokok soal (stem) dirumuskan dengan jelas

v

v

v

v

v

2. Rumusan soal dan pilihan dirumuskan dengan tegas

v

v

v

3. Pokok soal tidak memberikan petunjuk/mengarah kepada pilihan jawaban yang benar

v

v

v

4. Pokok soal tidak mengandung persyaratan negatif ganda

v

v

v

v

v

5. Bila terpaksa menggunakan kata negatif, maka harus digaris bawahi atau dicetak lain

v

v

6. Pilihan jawaban homogen

v

v

7. Hindari adanya alternatif tanggapan :” seluruh jawaban di atas benar” atau tak satu jawaban di atas benar” dan yang sejenisnya.

v

v

v

v

v

8. Pilihan jawaban dalam bentuk angka/waktu diurutkan

v

v

v

v

9. Wana, gambar atau grafik benar-benar berfungsi

10. Antar butir tidak bergantung satu sama lain

v

v

v

v

v

C. Ranah Bahasa

1. Rumusan kalimat komunikatif

v

v

v

v

2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya

v

v

v

v

3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian

v

v

v

v

4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal)

v

v

v

v

5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik

v

v

v

v

v

Keterangan

· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.

· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan

· Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.

Tidak ada komentar: