DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL PERUMUSAN
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
· Mendefenisikan · Menerapkan · Mengkonstruksikan · Mengidentifikasikan · Mengenal · Menyelesaikan · Menyusun | · Menunjukan · Membaca · Menghitung · Menggambarkan · Melafalkan · Mengucapkan · Membedakan · Mengidentifikasikan · Menafsirkan · Menerapkan · Menceritakan · Menggunakan · Menentukan · Menyusun · Menyimpulkan · Mendemonstrasikan · Menterjemahkan · Merumuskan · Menganalisis · Mensintesis · Mengevaluasi |
Keterangan :
1. Satu kata kerja tertentu (misal : mendefenisikan) dapat dipakai pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Perbedaannya adalah pada Standar Kompetensi cakupannya lebih luas dari Kompetensi Dasar.
2. Satu butir Kompetensi dapat dipecah menjadi 3 sampai 6 butir atau lebih Kompetensi Dasar.
3. Satu butir Kompetensi Dasar nantinya harus dapat dipecah menjadi minimal 2 butir indikator (paling tidak 2 butir indikator).
4. Pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum memuat/merupakan indikator.
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH KOGNITIF
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian/Evaluasi |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukan Memberi label Memberi indek Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri | Memperkirakan Menjelaskan Mengkatagorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan | Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Menghitung Membangun Mengurutkan Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan | Menganalisis Mengaudit Memecah Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Memerinci Menominasikan Mendiagramkan Mengorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih | Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkatagorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan | Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih memproyeksi |
Menulis | | Memproduksi Memproses Mengaitkan Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Menyusun Memproses Meramalkan | Mentransfer | Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Mereproduksi Merangkum Merekonstruksi | |
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH PSIKOMOTORIK
Peniruan | Manipulasi | Pengalamiahan | Artikulasi |
· Mengatifkan · Menyesuaikan · Menggabungkan · Melamar · Mengatur · Mengumpulkan · Menimbang · Memperkecil · Membangun · Mengubah · Membersihkan · Memposisikan · mengkonstruksi | · Mengoreksi · Mendemonstrasikan · Merancang · Memilah · Melatih · Memperbaiki · Mengidentifikasikan · Mengisi · Menempatkan · Membuat · Memanipulasi · Mereparasi · Mengkalibrasi | · Menggantikan · Memutar · Mengirim · Memindahkan · Mendorong · Menarik · Memproduksi · Mengoperasikan · Mencampur · Mengemas · Membungkus · Menjalankan · Menyambungkan | · Mengalihkan · Mempertajam · Membentuk · Memadankan · Menggunakan · Memulai · Menyetir · Menjeniskan · Menempel · Menseketsa · Melonggarkan · Menimbang · Memperbaiki |
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH AFEKTIF
Menerima | Menanggapi | Menilai | Mengelola | Menghayati |
· Memilih · Mempertanyakan · Mengikuti · Memberi · Menganut · Mematuhi · Meminati | · Menjawab · Membantu · Mengajukan · Mengompromikan · Menyenangi · Menyambut · Mendukung · Menyetujui · Menampilkan · Melaporkan · Memilih · Mengatakan · Memilah · Menolak | · Mengasumsikan · Meyakini · Melengkapi · Meyakinkan · Memperjelas · Memprakarsai · Mengimani · Mengundang · Menggabungkan · Memperjelas · Mengusulkan · Menekankan · Menyumbang | · Menganut · Mengubah · Menata · Mengklasifikasikan · Mengombinasikan · Mempertahankan · Membangun · Membentuk pendapat · Memadukan · Mengelola · Menegosiasi · Merembuk | · Mengubah perilaku · Berahklak mulia · Mempengaruhi · Mendengarkan · Mengkualifikasi · Melayani · Menunjukan · Membuktikan · Memecahakan |
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK URAIAN
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | | | | |
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas | | v | v | | | | |
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | | v | | | | | |
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | | v | | | | | |
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai. | v | v | v | | | | |
2. Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan/menyelesaikan soal | v | v | | | | | |
3. Ada pedoman penskorannya | | v | | | | | |
4. Tabel, garfik, diagram, kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jelas keterangganya atau ada hubungannya dengan masalah yang ditanyakan) | | v | | | | | |
5. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya | | v | | | | | |
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | | | | |
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | | v | v | | | | |
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | | v | v | | | | |
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | | v | v | | | | |
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | | v | v | | | | |
Keterangan
· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.
· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
· Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK MELENGKAPI
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | | | | |
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas | | v | v | | | | |
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | v | v | v | | | | |
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | | v | | | | | |
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat terbuka (yang belum lengkap) yang hanya memerlukan tambahan kata yang merupakan jawaban/kunci. | v | v | | | | | |
2. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya | v | v | v | | | | |
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | | | | |
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | v | v | | | | | |
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | v | v | | | | | |
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | v | v | | | | | |
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | v | v | | | | | |
Keterangan
· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas.
· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
· Soal nomor 3, memerlukan perbaikan dalam bahasa.
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK PILIHAN GANDA (Multiple Choice)
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | v | v | | |
2. Hanya ada satu kunci atau jawaban yang benar | v | v | v | v | v | | |
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | v | v | v | v | v | | |
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | v | v | v | v | v | | |
5. Pilihan benar-benar berfungsi, jika pilihan merupakan hasil perhitungan, maka pengecoh berupa pilihan yang salah rumus/salah hitung | v | v | v | v | v | | |
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Pokok soal (stem) dirumuskan dengan jelas | v | v | v | v | v | | |
2. Rumusan soal dan pilihan dirumuskan dengan tegas | v | v | | v | | | |
3. Pokok soal tidak memberikan petunjuk/mengarah kepada pilihan jawaban yang benar | v | v | | v | | | |
4. Pokok soal tidak mengandung persyaratan negatif ganda | v | v | v | v | v | | |
5. Bila terpaksa menggunakan kata negatif, maka harus digaris bawahi atau dicetak lain | v | v | | | | | |
6. Pilihan jawaban homogen | v | v | | | | | |
7. Hindari adanya alternatif tanggapan :” seluruh jawaban di atas benar” atau tak satu jawaban di atas benar” dan yang sejenisnya. | v | v | v | v | v | | |
8. Pilihan jawaban dalam bentuk angka/waktu diurutkan | v | v | v | | v | | |
9. Wana, gambar atau grafik benar-benar berfungsi | | | | | | | |
10. Antar butir tidak bergantung satu sama lain | v | v | v | v | v | | |
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | | v | | |
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | v | v | v | | v | | |
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | v | v | v | | v | | |
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | v | v | v | | v | | |
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | v | v | v | v | v | | |
Keterangan
· Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.
· Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
· Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar